Minggu, 10 Agustus 2014

Cinta adalah Kata Kerja :)

Niar-Marita-Amita-Tiara-Aci-Arif
Nunung-Zizah-(Aku)

Hakikat jiwa yang membutuhkan pembinaan (QS.91:8-10), hakikat jiwa tersebut menghadapi persoalan : secara fitrah jiwa yang pada dirinya terdapat kecenderungan kepada taqwa dan kecenderungan kepada dosa.


Tak pernah ada manusia yang berhasil menghadapi persoalan, tanpa mengalami pembinaan. Tak pernah ada manusia yang mampu memberi, tanpa sebelumnya terisi. Tak pernah ada teko yang berhasil mengeluakan manis dan hangatnya teh, tanpa sebelumnya diisi dengan teh yang sama hangat dan manisnya. Berbicara mengenai membina dan dibina, adalah berbicara tentang siklus kehidupan. Tak terpisahkan. Indah.

Mentoring, atau secara luas “tarbiyah”, merupakan sebuah proses transfer value. Merubah kosakata cinta, menjadi sebuah kata kerja. Membuat teori, menjadi indahnya realita. Membuat diri, menjadi refleksi dan koreksi bagi sesamanya. Tak masalah dimana posisi kita, subjek ataupun objek dalam proses tarbiyah. Menjadi sang pembina atau yang dibina. Karena sekali lagi, tarbiyah adalah proses berbentuk siklus. Suatu saat posisi bisa tertukar, kemudian kembali berputar.

Tarbiyah adalah puzzle cinta, setiap komponennya saling melengkapi. Dan sebutlah mereka yang menjadi puzzle dalam hidupku. Niar, Aci, Zizah, Nunung, Marita, Tiara, Amita, dan Arif. Semangat memasuki semeseter 3 adik-adik :)



3 komentar:

  1. Ih unyu banget lah teteh mentor satu ini :3 semangat juga tetehkuuu memasuk 1 tahun sebelum menjadi angkatan tua wkwkwkwk :* ({})

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. keep posting another worth-to-read post!

    BalasHapus