Senin, 27 Mei 2013

Leadership

Basi ya judulnya?

Haha ingin berbagi sedikit ilmu dari yang sudah didapat dari kegiatan LKMM Fakultas (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa)

Materi super yang dibawa oleh Kang Tony Rahardjo, alumnus FISIP UNPAD
Mantan Staff pengajar Bimbel Nurul Fikri.
_______

"Kepemimpinan adalah sebuah seni, maka jangan pernah salahkan tentang cara memimpin seseorang, karena itu merupakan pemilihan karakter diri"

Entah itu seorang pemimpin perangkul, pemimpin bersahaja, lembut, arif, maupun pilihan untuk menjadi pemimpin yang tegas, sekalipun diktator. Tak masalah, karena memimpin adalah sebuah seni. Seni memimpin, dan membawa semua bawahannya menuju tujuan bersama.

"Bukan karena kita gak mengerti bagaimana masalahnya, tapi kita yang gak pernah tegas untuk mencari jawabannya"

Memperumit dan mempersulit diri, mempermasalahkan mengapa masalah ini terjadi, padahal jawaban dari masalah itu yang seharusnya secara tegas kita cari. Dan kemudian masalah itu akan terselesaikan.

"Kadang gak ada pilihan yang terbaik dalam hidup ini, namun pilihan yang terburuk adalah ketika memutuskan untuk tidak memilih sama sekali"

Pada hidup ini kadang kita memang harus mengambil keputusan terbaik diantara yang sebenarnya kita menganggap tidak ada yang baik, pun bahkan kita tidak menemukan pilihan yang baik? Jauh lebih baik dibanding pada akhirnya kita tidak memilih satupun pilihan.

Nihil.

"Tidak ada benar atau salah dalam memilih jalan hidup, yang ada hanya kesiapan menerima resiko dari pilihan tersebut"

_____

Masuk ke quotes yang menurut aku paling keren dan merasuk dalam jiwa.. dari seorang kang Tora :

"Ketika kita pernah merasa sepi, sendiri, sedih, takut, ditinggal, kehilangan yang tercinta, dan bahkan kita merasa hidup kita adalah jenis kehidupan termalang dari seluruh juta manusia di alam semesta, maka sungguh.. itu berarti kita berada pada jalan yang sama dengan mereka, para orang-orang sukses terdahulu"

Tengoklah Rasulullah SAW, Nabi Ayyub A.S, Bilal, bahkan lihatlah Bill Gates, dan semua orang-orang besar yang mereka telah merubah dunia!

Lihat mereka, betapa jalan hidupnya penuh duri dan berbatu.
Maka beruntung bagi kita, yang pernah merasakan betapa jalan hidup ini berkelok,
Karena kita berada di jalan yang sama dengan mereka.

______

"Bukan karena kita terlahir darimana, dan bagaimana kita terlahir. Tapi yang terpenting adalah bagaimana respon kita terhadap keadaan yang kita miliki ketika kita terlahir"

Bukan perihal kita terlahir dari ibu dan ayah kaya raya, pemilik istana, bukan perihal kita terlahir sebagai anak presiden, ustad, maupun pencuri.
Yang menentukan kehidupan kita adalah respon kita terhadap keadaan yang diberikan untuk kita dariNya.

Tidak pasti yang kaya tetap kaya, tak pasti yang miskin tetap miskin, tak pasti anak presiden bisa menjadi presiden, begitu juga belum tentu anak pencuri akan menjadi pencuri.

Karena P + R = H

Peristiwa, ditambah respon dari kita, menghasilkan Hasil.

______

Sekian, postingan akan berlanjut. Jika masih diberikan waktu.

Terimakasih banyak kang Tora atas ilmu luar biasanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar