Minggu, 20 Mei 2012

Ambiguitas Ujian Nasional

Pulang.
Aku melihat.
Bukti itu, bukti betapa kejujuran sudah tidak dijunjung.

Aku melihatnya.
Melihat dengan mata kepalaku, bukan lagi hanya mendengar kabar.

Aku melihatnya.
Melihat kepanikan dan kesibukan mereka, meralat kesalahan fatal yang mereka lakukan hari ini.
Ya, hari ini. Hari pertama Ujian Nasional.

Aku melihatnya,
Sibuk telfon sana sini "Paket lo gimana? Tadi banyak banget yang salah paket gila lo!!"
"Eh Kabar lo gimana ujian? tadi hape lo gak aktif ya? gue gak bisa kabarin lo"

Bukan wajah puas yang terlihat. Ya benar, wajah itu. Jelas wajah panik. Pias

Aku bergidik, Aku takut.
Aku. Iba

Inilah generasi muda Indonesia.

Generasi calon penerus bangsa.
di hadapanmu garuda. Inilah wajah pasukan mudamu.

Generasi yang seharusnya bukan hanya menjadi penerus bangsa.

Tapi generasi yang mempu menjadi pengubah bangsa serta meneruskannya.

Disini titik pertanyaan ku.

Ujian Nasional?

Antara makna :
Ujian biasa yang dilakukan dalam lingkup Nasional (itu berarti dalam cara apapun, halal maupun tidak)

ataukah?

Ujian yang memang untuk membuktikan standar pendidikan Nasional Indonesia


_______

Tidak ada komentar:

Posting Komentar